13
Feb
08

Bakso Mania

ANTRE, ambil bakso sendiri (prasmanan), bisa pilih bakso bakar, bakso goreng, bakso kasar, bakso alus, siomay basah, siomay goreng, babat goreng, paru goreng, buras, lontong, mie kuning, mie putih, tahu isi daging dan jangan lupa kuah bakso, sekalian ambil sendok dan garpu serta soft drink-nya. Terus bayar di kasir, setelah itu silakan menikmati Bakso Bakar Arema (BBA).
Ya, bagi penggemar bakso (bakso mania) termasuk saya, kini makin dimanjakan dengan hadirnya Bakso Bakar Arema. Letaknya cukup strategis tepatnya di Jl Yos Sudarso samping es krim Campina, lebih spesifik lagi persis di depan “gerbang” salah satu kawasan bisnis terbesar di Tarakan yakni, Pasar Beringin.
Antre, mengambil sendiri bakso, kemudian bayar di kasir, sebenarnya bukan hal asing lagi. Sebelumnya gaya menikmati bakso seperti ini pernah diperkenalkan Bakso Malang (depan SMU Hang Tuah) dan Bakso Enggal Cabang Surabaya di Jl Yos Sudarso depan SD (sekarang pindah ke Tanjung Selor Jl Sengkawit).
Tetapi soal rasa Bakso Bakar Arema, wah, silakan mencoba sendiri deh. Bagi saya –meminjam istilah presenter kuliner teve swasta Pak Bondan Winarno— rasanya mak nyuss. Bakso bakarnya legit, gurih, apa ya enak deh. Disantap dengan buras, kok buras? Karena menurut pengelola BBA, Misbayanti buras merupakan salah satu kesukaan warga Tarakan.
Yup, makin yummy. Slurrrrp… kuahnya. Ups, saya mengambil sambalnya kebanyakan, pedes deh. Kelimpungan cari soft drink lagi. Hehehe.
Selain rasa, BBA juga didesain sebagai warung gaul anak muda. Selain seragam pegawainya, lihat saja interiornya didominasi warna-warni ngejreng khas anak muda, kuning dan merah. Ceria, romantis, puitis, dan dindingnya pun full kata-kata mutiara.
Dengan masuknya bisnis waralaba BBA, maka bisnis bakso di Tarakan kian meriah. Selama ini pemain lama yang merajai dunia per-bakso-an di Tarakan adalah Bakso Sriwedari (dekat Lapangan Panglima Batur), Bakso Populer (depan RSAL Ilyas Tarakan), Bakso Nuklir (sebelah TK Hang Tuah), Bakso Solo (depan Lapangan Tenis Polsek Barat) dan masih banyak lagi.
Warung bakso favorit saya adalah Bakso Sriwedari, Bakso Nuklir dan Bakso Solo. Bakso Sriwedari selain rasanya enak juga sering bikin penasaran. Karena ada variasi menu bakso rusuk atau bakso iga sapi. Tiap kali ke sana pasti sudah ludes duluan. Pernah karena saking penasarannya saya pergi pukul 10 pagi, eh sudah habis diborong orang. Jam 12 keesokan harinya begitu juga, jam 1 siang lebih lagi pastilah habis karena warung ini tak pernah sepi pengunjung, jam 4 sore pastinya tinggal bakso kasar atau halus. Setelah lama menunggu, akhirnya dalam suatu waktu saya kesampaian juga makan bakso rusuk. Itupun setelah terlebih dahulu mengutus teman-teman sebagai informan kesana. Begitu ada SMS, bakso rusuk sudah ada, segera deh meluncur. Benar-benar perjuangan gara-gara ingin makan bakso rusuk khas warung Bakso Sriwedari. Bakso Nuklir dan Bakso Solo jangan ditanya, saya mau datang pagi, siang, sore, malam selalu ada dan tetap enak.
Sebelum ini, favorit saya Bakso Balikpapan (dekat kantor Radar Tarakan lama di Jl Yos Sudarso), sekarang sudah tidak ada lagi. Kadang kalau ke Bakso Balikpapan bingung, makan bakso atau makan mie ayam. Akhirnya saya memilih mie ayam pakai bakso. Karena dua-duanya sama-sama enak. Sekarang saya jadi keranjingan Bakso Populer di Jl Mulawarman (dulunya Kantor Pos). Warung bakso ini cabang Bakso Populer di depan RSAL Ilyas. Insting bisnisnya bagus, membidik kawasan Jl Mulawarman yang belum full pebisnis bakso. Boleh juga.
Eiiiit…Bakso Kota Cak Man (Malang) dan Bakso Lapangan Tembak Senayan (Jakarta), dua waralaba ini kabarnya juga akan masuk meramaikan bisnis bakso di Tarakan. Benarkah? Jika benar, wah, makin banyak pilihan makan bakso, nih. Selain warung bakso yang ada, juga penjual bakso keliling. Kadang kalau lagi malas jalan-jalan, ya, bakso pak lek keliling juga oke. Ada beberapa di antaranya jadi langganan.
Sekarang terserah Anda, mau makan bakso di mana? (anny@radartarakan.com)


1 Response to “Bakso Mania”


  1. 1 Bakso Gerobag
    Februari 14, 2009 pukul 1:32 pm

    wah kirain di jalan Yos Sudarso Jakarta,
    saya ini juga BAKSO MANIA tapi di jakarta belom pernah puas makan bakso yang enak benar.
    udah saya coba semua dari yang kelas kaki lima sampai mall. Saya puas makan bakso ( karena cita rasanya ) cuma ketika di Jawa tengah bagian selatan seperti kota Muntilan, Magelang (bakso yang dagingnya gede-gede), Purworejo , Jogja Wonosari, Solo dengan bakso iganya di Palur , lainnya belum ada yang memuaskan.
    Bagi rekan rekan yang tahu dimana makan bakso enak di Jakarta tolong kirim info ke saya di email bakso.gerob@gmail.com

    thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Februari 2008
S S R K J S M
    Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 41,647 hits

%d blogger menyukai ini: