13
Feb
08

Promo Wisata Lewat Makanan

Ketika saya menulis tentang masakan khas Makassar pallumarra kepala ikan (kepala ikan kakap dimasak dengan santan bumbu kuning) beberapa waktu lalu, eh, keesokan harinya saya dihadiahi pallumarra buatan chef (koki) sebuah resto terkenal di Tarakan. Sempat menolak, karena niat awalnya hanya ingin memberitahukan kepada para pembaca Radar Tarakan dari Sulawesi Selatan yang berada di Tarakan, dimana saja mereka bisa makan masakan khas daerah mereka. Akhirnya saya tak kuasa menolak hadiah itu. Nggak baik menolak rejeki, begitu nasihat teman-teman saya. Jadilah ruang dapur kantor menjadi arena makan siang bareng dadakan.
Lagi-lagi soal makanan, sore harinya saya dihubungi investor yang akan menanamkan modalnya di bidang makanan di Tarakan. Kita sempat berbincang dan meminta pandangan saya soal bisnis kuliner tersebut. Bahkan mereka meminta rekomendasi saya lokasi makanan dimana saja di Tarakan yang makanannya enak.
Wah, untungnya cuma ditanya tentang pandangan saya mengenai bisnis makanan dan lokasi makanan enak. Kalau disuruh masak, mending saya ngacir duluan. Suer, saya nggak bisa masak. Kalau bisa secara detail menulis soal makanan karena saya memperhatikan dengan seksama. No body’s perfect (tak ada manusia yang sempurna).
Kembali ke soal investor makanan tadi. Mereka sempat meminta waktu saya lantaran mereka ingin mempresentasikan konsep wisata kuliner yang digadang-gadang bakal menaikkan gengsi Tarakan. Tarakan bakal setara dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Minimal mengubah lifestyle (gaya hidup). Anda ingin makanan enak, datanglah ke Tarakan. Demikian tagline yang mereka usung. Mempromosikan Tarakan lewat makanan. Nggak mudah memang. Saya sempat menyarankan untuk menemui walikota Tarakan terlebih dahulu. Karena bagaimanapun walikota adalah manajer kota ini bukan saya. Tapi investor itu bilang kalau mereka sudah bertemu walikota dan sekarang tinggal menemui saya atas rekomendasi pimpinan perusahaan rokok ternama.
Ya, keesokan harinya saya ajak tamu saya itu bertemu di ruang VIP sebuah resto di Pantai Amal Baru dan presentasilah dia. Dari siang sampai sore. Dari layar presentasi itulah saya bisa melihat betapa sangat seriusnya dia. Terkonsep dengan matang, karena pengalamannya menangani banyak resto Japanese cuisine (makanan jepang), baik di Indonesia maupun mancanegara.
Dari dia saya belajar tentang good food, good atmosphere, and good prices. Bagaimana makan enak ala hotel berbintang dengan harga terjangkau. Begitulah kira-kira budaya yang akan mereka usung. Meski kebanyakan makanan dari luar, tapi beberapa local tenant juga akan diajak. Banyak lho makanan enak di Tarakan. Kalau semua masuk ke mall, cukup ke mall saja kita bisa pilih makanan. Menghemat waktu, terutama bagi yang sibuk.
Kapan direalisasikan? Tunggu saja, Tarakan bakal memiliki foodcourt baru yang lebih representatif. Mau makan enak dengan harga terjangkau, mau ngajak relasi bicara bisnis sambil makan, party kecil-kecilan, rapat dan presentasi terbatas bisa juga karena nantinya area foodcourt ada titik hotspot-nya. Sehingga bisa internetan nggak pakai kabel dan gratis lagi. Cukup datang ke satu tempat saja, Food Court Grand Tarakan Mall.
Di bidang kuliner, Tarakan nantinya selangkah lebih maju. Bagaimana dengan Nunukan, Malinau, Bulungan dan Berau? Ada kesempatan kok menjadi local tenant yang mengusung makanan khas daerah masing-masing. Buruan daftar saja. Saya membayangkan nama-nama makanannya pasti unik-unik (mudah-mudahan), ada nasi goreng Ambalat, ikan tim Sebatik, Udang Bakar Madu Malinau, Seafood Berau, kepiting goreng garing manis Tarakan, es buah rambutan super Bulungan dan lain-lain.
Kemudian menu-menu ini bersanding dengan Malaysian food, Thailand food, Chinese food dan lainnya. Wah, ragam masakan bakal mendunia. (anny@radartarakan.com)


1 Response to “Promo Wisata Lewat Makanan”


  1. Maret 21, 2009 pukul 10:37 am

    sekarang mulai ada wisata kuliner, sebuah potensi yang besar. Karena semua tau kita semua senang makanan, bener gak ?
    salam kenal yaa..

    bagi yang memerlukan aneka mesin pengolah makanan, produksi, pertanian dsb dapat mengunjungi http://www.situsmesin.com/berita
    semoga menjadi inspirasi bisnis anda.🙂


Tinggalkan Balasan

Februari 2008
S S R K J S M
    Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 41,647 hits

