Arsip untuk Maret 11th, 2008

11
Mar
08

Sinergi Antarkota

SAYA diprotes keras kolega saya dari Bulungan. Katanya, Radar Tarakan kalau datangkan artis mesti ke Tarakan terus. Coba Bulungan kek, daerah-daerah di utara Kaltim ini lho didatangi artis juga. Jangan Tarakan terus. Memangnya hanya Tarakan yang perlu imej kotanya bagus. Bulungan sebagai ibukota Kaltara juga. Jangan terlalu nge-pro dengan Tarakan. Tarakan itu sudah bagus. Orang sudah tahu itu. Lha kalau Bulungan, daerah-daerah lain kalau nggak Anda promosikan kapan kita terkenalnya.

Saya masih senyum-senyum mendengar kolega saya itu berbicara. Kebetulan kolega saya itu jauh-jauh datang dari Bulungan untuk suatu urusan dan menemui saya di kantor saya lantai 4 Gedung Silver Radar Tarakan. Sambil menyantap nasi kotak masakan padang “Padang Kuring Restaurant”, saya dan kolega saya itu masih berbincang soal kedatangan grup band papan atas Indonesia, Nidji-Peterpan, yang Minggu malam lalu manggung di Tarakan.

Tapi tindakan saya bukannya membuatnya diam. Dia masih terus mempertanyakan, mengapa saya sangat-sangat pro terhadap Tarakan. Hingga tiap kali artis datang selalu ke Tarakan. Buktinya Slank tempo hari dan Nidji-Peterpan baru baru ini. Padahal kenyataannya tidak juga. Bahwa artis itu memilih Tarakan, ya, kan haknya artis. EO Radar Tarakan sudah berusaha mempromosikan masing-masing daerah. Hanya bila pilihannya Tarakan, ya, kita hanya memfasilitasi saja.

Mengapa saya diomeli kolega saya?

Mungkin juga rasa bangga terhadap daerahnya muncul karena saya bilang, Tarakan kini sejajar dengan kota-kota lain di Indonesia. Karena even konser band yang tengah naik daun itu juga digelar di 32 kota lainnya.

Ini bukan untuk kali pertama, lho. Dahulu waktu Slank manggung di Tarakan juga begitu. Dari tur panjangnya di beberapa kota se-indonesia, kita bangga dong Tarakan salah satu yang dikunjungi band legendaris itu. Mudah-mudahan ketularan bisa pergi ke negeri Paman Sam, hehehe.

Kolega saya itu masih mengomel?

Tampaknya tidak lagi. Dia bahkan punya usul. Bisa tidak kalau daerah lain itu digandeng. Misalnya manggungnya di Tarakan, tetapi juga sekalian manggung di daerah lain. Seperti Kapten band kemarin. Di Tarakan manggung, di Bulungan juga manggung. Imej kotanya Tarakan dapat, Bulungan juga dapat. Itu namanya sinergi antarkota. (bukan bus antarkota aja)

Bagus juga usulnya. Tapi kembali lagi ke artisnya and sponsornya. Mau enggak? Lagian akses dan fasilitas di Bulungan serta daerah lain memadai tidak? Lha, cari warung makan aja di atas jam 12 malam susah kok di Bulungan. Saya kan mengalaminya sendiri saat Tour Festival Band 5 Kota se-Kaltara beberapa waktu lalu. Kalaupun ada tempatnya pun terbatas, bisa dihitung dengan jari.

Rupanya protes saya pun balik ditanggapinya.

Apakah Anda sudah pernah makan jambu madu yang juara nasional itu?
Jawaban saya belum. Kalau semangka kuning tanpa biji, durian, lengkeng alias mata kucing, langsat, rambutan wah sudah pernah semua.

Apakah Anda sudah pernah makan udang sungai yang lezat saat beberapa kali ke Bulungan?
Jawaban saya belum

Lho, emangnya kemana aja kalau makan di Bulungan?
Jawaban saya di beberapa tempat, saya sebutkan satu persatu. Favorit saya rumah makan parahyangan di dekat Kantor Bupati. Ikannya fresh, langsung dari kolam terus diolah.

Kolega saya inipun berjanji akan gantian menjamu saya dengan menu udang bakar sungai eh… udang sungai bakar. Enak mana ya sama udang sungai Tideng Pale (Tidung Pala) dan udang sungai bakar di Malinau? Nanti deh saya cerita kalau sudah sampai ke Bulungan dalam waktu dekat.

Kembali lagi soal artis. Tarakan bakal kedatangan artis lagi nih. Catat ya, tanggal 29 Maret 2008. Pas Band from Bandung, man! Itu band yang pernah duet dengan Tere dan BCL (Bunga Citra Lestari). Pas band akan menjadi juri di ajang Flexi indie Festival. Juaranya akan diadu lagi di tingkat regional se-Kalimantan di Banjarmasin. Sekali lagi Tarakan sedang diperhitungkan di tingkat regional Kalimantan. Nah, mau maju atau tertinggal. Terserah. Nonton, yuk! (*)




Maret 2008
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Flickr Photos

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 85.059 hits