24
Apr
08

Byar Pet Listrik, Capek Deh…

Saya masih di Balikpapan ketika teman-teman memberitahukan listrik Tarakan byar pet. Lho, kok byar pet? Padahal selama 5 hari berada di Balikpapan dan Samarinda, listrik Tarakan dipuji habis dimana-mana. Setiap kali ditanya dari mana dan kemudian ketika menyebut Tarakan semuanya bangga.

“O, Anda dari Tarakan. Anda sangat beruntung listrik Tarakan menyala terus. Kami disini harus kecewa karena listrik byar pet terus. Anda sungguh sangat beruntung,” kata seorang sopir taksi saat mengantarkan saya dan rombongan dari hotel menuju Plaza Balikpapan, mall di tengah kota yang di dalamnya ada tempat makan favorit saya, Pasifica.

Pun begitu ketika saya berada di Samarinda. Bertemu dengan kawan-kawan lama komentarnya pun sama. “Anny enak ya di Tarakan. Nggak pernah mati lampu. Kapan ya Samarinda seperti Tarakan. Enaknya ya jadi warga Tarakan,” kata teman-teman saya.

Saya pun nggak kalah bangga. “Iya dong,” kata saya lagi.

Seandainya mereka tahu kalau sebenarnya listrik Tarakan juga sama nasibnya dengan Balikpapan dan Samarinda –cuma Tarakan nggak terlalu parah byar petnya–, masihkah pujian itu ditujukan untuk saya yang sekarang menetap di Tarakan? Hmmm…

Dan benar saja, ketika saya tiba senin lalu banyak SMS warga yang menyoroti soal byar pet ini. Ada SMS yang bernada pedas hingga membuat kuping panas, ada yang biasa-biasa saja dan memberi semangat PLN untuk tak bernasib sama seperti daerah lainnya, ada pula yang berupa jokes. Intinya semua marah, namun kemarahan itu bila ditilik secara positif intinya menuntut penanganan segera.

KUTIPAN DARI KORAN RADAR TARAKAN (21/4/2008)
Pemadaman bergilir tersebut sehubungan dengan adanya gangguan mesin Wartsila #1 (5.5MW), Mesin MAN BW #1 (1.8MW) dan mesin Wartsila #2 (5.5MW) yang saat ini sedang dalam tahap pemeliharaan (overhaul).
Akibat pemeliharaan tersebut, otomatis terjadi kekurangan pasokan listrik sebesar lebih kurang 6 MW. “Sehingga kami harus melakukan pemadaman. Saat ini kami sedang berusaha keras untuk memperbaiki kerusakan tersebut,” kata Jibra Sari, Humas PLN Tarakan.
Sebelumnya, kepada wartawan koran ini, Direktur Operasi PT PLN Tarakan Musyafik Supriyanto mengatakan, upaya PLN untuk memaksimalkan pelayanan listrik menjadi prioritas, patut disyukuri. Apalagi listrik di Tarakan tidak seperti daerah-daerah lain di Kaltim, yang sering mengalami pemadaman (byarpet).
Sebagai informasi, perawatan mesin PLN di Gunung Belah berkekuatan 7,5 Mega Watt (MW), merupakan salah satu upaya PLN untuk meremajakan kembali sistem kerja mesin, yang diketahui telah beroperasi selama 30.000 jam. Padahal, berdasarkan rekomendasi sebuah industri kelistrikan, mesin operasi wajib mendapat pemeliharaan jika telah mencapai 16.000 jam.
“Mesin andalan di PLN Tarakan tersebut, telah beroperasi selama 30.000 jam, dan perlu dilakukan pemeliharaan,” jelasnya.
Musyafik mengimbau kepada para pelanggannya agar ikut mendukung pelaksanaan overhaul, caranya dengan melakukan penghematan. Khususnya saat beban puncak pada pukul 18.00 hingga 23.00 Wita.(***)

Sebaiknya listrik Tarakan segera membaik, supaya tak ada lagi berita-berita miring. Jangan sampai kebanggaan warga terhadap kota semakin hari semakin menghilang. Bukan saja pada saya, tapi warga yang telanjur “pede” dengan warga kota-kota lainnya. Kalau Tarakan gelap, apa bedanya dengan daerah lain yang telanjur dijuluki kota seribu genset, kota seribu lilin dan entah julukan apalagi. Ayo, benahi listrik Tarakan, tunggu apalagi. (anny@radartarakan.com)


0 Responses to “Byar Pet Listrik, Capek Deh…”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 41,647 hits

%d blogger menyukai ini: