25
Apr
08

Mengapa Ada Obama di Laptop Anda?

= Sisi Lain Kunjungan Staf Kedubes AS ke Radar Tarakan (2)

Usai pertemuan di Gedung Silver, saya ditanyai salah satu tamu dari Kedubes Amerika Serikat. Rupanya dia sempat memperhatikan isi laptop saya ketika persiapan menyambut mereka. Mengapa ada file Obama di laptop Anda? Katanya. Berikut jawaban saya:

ANNY SUSILOWATI

BARACK OBAMA, menurut saya, seorang yang sangat fenomenal. Dia muncul di saat rakyat Amerika menghendaki adanya perubahan. Saya melihatnya seperti itu. (bukan berarti saya mengecilkan peranan kandidat Capres Amerika lain Hillary Clinton –Partai Demokrat– dan Mc Cain –Partai Republik–, lho). Pertama kali nama Barrack Obama muncul sebagai salah satu kandidat calon presiden dari partai demokrat, dan sering disebut-sebut bersekolah di Indonesia rasa penasaran selalu ada.

Siapa Barack Obama? Sepintas namanya lucu. Mirip nama-nama Jepang (ternyata ada salah satu wilayah Jepang namanya Obama. Nah pernah diberitakan, gara-gara Obama jadi kandidat presiden AS itulah nama wilayah Obama sekalian dipromosikan ke mancanegara). Kemudian mengapa dia dielu-elukan rakyat Amerika dan digadang-gadang bakal menjadi capres paling populer? Nah, dari situ saya rajin surving internet dan mengumpulkan semua informasi tentang Obama. Mulai dari kisah hidupnya dan keluarga besarnya selama di Jakarta, melanjutkan sekolah di Hawai, sepak terjangnya saat menjadi senator dan kini saat dia dan timnya gencar meraih simpati warga Amerika.

O, ya, sebelumnya saya membaca buku Obama “Menerjang Harapan. Dari Jakarta Menuju Gedung Putih”. Buku lainnya saya belum mencari karena masih sibuk dengan pekerjaan saya.

Saya tertarik dengan Obama karena kebetulan waktu itu Kalimantan Timur sedang persiapan pemilihan gubernur. Begitupun dengan Tarakan, pemilihan wali kota akan dilaksanakan Oktober nanti. Belum lagi baru-baru ini negeri tetangga kita, Malaysia, juga melaksanakan pemilu raya. Nah, saya tertarik dengan sepak terjang tim sukses Obama. Terutama timnya yang sangat gencar promo di internet. Situs jejaring sosial, semacam facebook, friendster, my space, dan lain sebagainya dimasuki. Situs video sharing semacam You Tube juga memuat pidato-pidato Obama saat kampanye. Bahkan Obama sendiri punya blog sehingga makin meramaikan jagat blogosper.

Saya termasuk ikut milis Obama. Sehingga kabar-kabar terkini mengenai Obama dan timnya saya mendapatkannya. Emailnya berisi acara yang akan dilaksanakan dan komentar warga Amerika soal Obama, bahkan Obama sendiri kadang menyapa, tidak lupa pula imbauan untuk menjadi donatur kampanyenya. Taktik, strategi tim Obama itulah yang saya pelajari. Menarik! Obama bukan saja menyambangi warga Amerika secara langsung, tetapi dia juga mulai memikat anak-anak muda dan kaum profesional yang kini kian akrab dengan dunia maya. Sehingga kesannya, Obama gaul banget dan di dunia maya dikuasai Obama. Sehebat apapun Obama, saya pikir dia memiliki tim sukses yang hebat pula. Siapa orang-orang hebat tim sukses Obama? Saya masih terus surving di internet nih.

Diakui pemilihan presiden Amerika kali ini memang yang paling menyedot perhatian warga dunia. Karena pertama, rakyat Amerika menginginkan ada perubahan di negerinya, kedua kandidat-kandidatnya. Obama, bila nanti menjadi presiden Amerika dialah presiden Amerika warga kulit hitam pertama. Hillary Clinton, bila juga nanti menjadi presiden amerika dialah presiden perempuan pertama Amerika. Demikian juga halnya dengan Mc Cain. Meski terlihat terlalu pelan, bisa saja Mc Cain menjadi kuda hitam yang nantinya akan memenangkan pertarungan. Mengingat fokus sekarang orang setiap hari melihat Obama dan Hillary adu argumentasi dan adu program, untuk memikat hati warga.

Sekarang, terserah rakyat Amerika. Pilih Obama, Hillary atau Mc Cain? Yang jelas, belajar dari Amerika kapan ya negeri kita pendewasaan politiknya seperti di Amerika. Tiap-tiap kandidat bukan banyak-banyakkan massa, tapi adu program dan masyarakatlah yang menilai. Mana kandidat yang benar-benar serius dengan program-programnya, mana yang hanya kesan sesaat. Butuh proses panjang sepertinya. (anny@radartarakan.com)


0 Responses to “Mengapa Ada Obama di Laptop Anda?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 41,647 hits

