01
Jul
08

Tiada Hari Tanpa Banjir Kayu

BILA melintasi perairan menuju Malinau pasti speedboat melewati kawasan yang saya menyebutnya “sungai banjir kayu”. Karena jutaan kubik kayu dan limbah kayu mengapung di perairan itu dan mengganggu kelancaran wira wiri-nya speedboat. Aneh saja, kok sepertinya tiada hari tanpa banjir kayu.

Misalnya saja saat saya ke Malinau tepat ketika malamnya hujan deras mengguyur, wajar bila kemudian sungai-sungai pun melarutkan apa saja. Tetapi justru ketika tak ada hujan dan banjir, justru banjir kayu log dan limbah kayu ini makin menjadi-jadi. Bagi yang terbiasa melewati kawasan ini mungkin sudah menjadi pemandangan biasa, bagaimana dengan yang tidak terbiasa. Seperti halnya saya yang kerap bertanya-tanya, jangan-jangan kayu-kayu ini ada yang punya. Sengaja dilarutkan ke air seolah-olah sebagai limbah. Begitu kayu-kayu larut di sebuah ujung sungai langsung ditarik ke tongkang atau disembunyikan di kawasan tertentu. Bisa saja kan?

Namanya juga penasaran dan curiga. Curiga saja tanpa bukti memang tak bakalan mendapatkan sejumlah fakta-fakta menunjang.

Lalu sampai kapankah banjir kayu ini akan berakhir? Tidak cukupkah menyebabkan speedboat mogok? Tidakkah pemerintah dan warga peduli akan kayu-kayu ini, sehingga suatu saat ada program bersih-bersih sungai? Dan, kayu-kayu itu pun mengalir sampai jauuuuuuuh. Mengikuti derasnya aliran sungai. Bencana dahsyat pun menanti.  (anny@radartarakan.com)


0 Responses to “Tiada Hari Tanpa Banjir Kayu”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 41,647 hits

%d blogger menyukai ini: