14
Okt
08

Dari Hotel ke Hotel; Pelatihan Salat Khusyuk sampai Training ESQ

Mudik ke Kota Minyak, Balikpapan (2)

SEJUMLAH hotel di Balikpapan memang menawarkan paket-paket takjil (buka puasa), tetapi juga menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan islami. Seperti yang penulis ikuti, pelatihan salat khusyuk dengan mentor murid Abu Sangkan di Hotel Tiga Mustika Gunung Pasir (dekat SMPN I) –depan Hotel Grand Senyiur dan Training Sumber Daya Manusia (SDM); ESQ Professional di Hotel Le Grandeur (dulu Dusit Inn). Berikut tulisannya:

Abu Sangkan. Namanya sudah tak asing lagi. Terlebih semenjak wajahnya kerap kali nongol di layar kaca Metro Teve membahas mengenai salat khusyuk. Beberapa training salat khusyuk Abu Sangkan juga seringkali didengar penulis. Karena aktivitasnya sering mengadakan pelatihan salat khusyuk. Tetapi apa dan bagaimana metodenya penulis belum tahu banyak. Berhubung ada kesempatan di Balikpapan. Ikut sajalah…
Saat mendaftar, penulis ragu jangan-jangan pendaftaran sudah ditutup. Tapi begitu mengikuti acaranya di hotel Grand Tiga Mustika, wuih, subhanallah, banyak juga ya. Lebih dari seratus orang. Termasuk ada peserta yang datang dari luar Balikpapan, seperti Samarinda dan kota-kota lainnya. Padahal target panitia hanya 30 orang. Biarpun nggak dapat free buku Abu Sangkan pertama yang berjudul “Pelatihan Salat Khusyuk”, soalnya hanya untuk 30 orang pendaftar pertama saja, ya sudahlah. Yang penting bisa ikut kegiatannya. Terus bisa juga beli buku karya Abu Sangkan lainnya berjudul “Berguru Pada Allah”.
Apakah pelatihan salat khusyuk ini se-khusyuk alias tegang? Jawabannya tidak selalu. Malah yang ada unsur humornya lebih banyak. Instrukturnya lucu banget. Namanya Pak Nyut Nyut (kok jadi lupa ya siapa nama intrukturnya hehehe). Abisnya kerap kali kata-kata itu yang dilontarkan dan membuat hadirin tertawa terpingkal-pingkal. Kalau latihan salatnya sih khusyuk banget, malah menyentuh hati dan membuat terharu. Enak banget. Lapang pokoknya usai praktek salat khusyuk.
Pak Nyut-Nyut itu murid abu sangkan. Tapi jangan salah kira dia hanya seorang ustaz. Dia seorang pengusaha percetakan. Direktur gitulah. Bisnisnya banyak dikerjakan anak buahnya, dia sendiri selain tinggal mengomandani bisnis tersebut ya tugas lainnya berkeliling Indonesia memberikan pelatihan salat khusyuk. Pelatihan berakhir hingga usai buka puasa bersama. Dari pagi sampai malam, wah nggak terasa waktu berjalan begitu cepat.
ESQ GRATIS
Inilah enaknya ikut pelatihan SDM ESQ. Cukup ikut sekali, bisa masuk mengikuti training serupa di mana saja berada. Misalnya, kita ikut di Tarakan. Pas penulis ke Balikpapan kebetulan ada acaranya ya langsung ikut saja. Syaratnya ya menunjukkan kartu alumni. Kalau belum punya minta dibuatkan saja. Database-nya lengkap kok.
Training di Balikpapan waktu itu adalah untuk angkatan ke-47. Pesertanya ada yang datang dari Penajam Paser Utara (PPU) segala lho. Mereka bahkan rela PP menyebrang teluk Balikpapan tiap hari (acaranya berlangsung selama 3 hari). Nggak kebayang deh capeknya. Tapi anggap saja mencari ilmu. Biar capek-capek dikit nggak apa-apalah.
O, ya, training lanjutan untuk mereka yang telah mengikuti training regular dan profesional adalah Training ESQ Mission & Character Building merupakan penggabungan 2 training lanjutan yaitu ESQ Mission Statement & ESQ Character Building, tanggal 1-2 November di Hotel Grand Senyiur Balikpapan. Even se-Kalimantan itu akan langsung dipandu Ary Ginanjar Agustian, President Director ESQ Leadership Center. Belakangan acaranya diundur Januari mendatang lantaran kesibukan Pak Ari yang sangat padat. Ini menurut info panitianya lho.
Mengikuti dua training ini dari hotel ke hotel mahal dong? Yup. Tapi demi setitik ilmu ya rejeki takkan kemanalah. Semoga bisa menjadi obat hati dan merasakan kebesaranmu ya Allah.(*/bersambung)



Oktober 2008
S S R K J S M
« Agu   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 41,647 hits

%d blogger menyukai ini: