27
Okt
08

Safari Religi Duo Nenek dari Masjid ke Masjid

Mudik ke Kota Minyak, Balikpapan (4-habis)

TAK sengaja bertemu di angkot, ternyata penulis bertemu dengan dua nenek yang bersahabat sejak mereka remaja. Uniknya mulai muda hingga di usia senjanya kini tiap kali Ramadan keduanya selalu mengajak serta keluarga untuk bersafari religi dari masjid ke masjid se-kota Balikpapan. Wah, keren nih.

 

“Tak Perlu Keliling Dunia” adalah salah satu lagu dari soundtrack film besutan Riri Riza, Laskar Pelangi. Tembang yang dinyanyikan Gita Gutawa ini pas banget dengan safari religi duo nenek yang penulis temui di Balikpapan. Seperti di awal tulisan ini dibuat. Penulis tak sengaja bertemu di angkot saat hendak pulang ke rumah. Dua nenek (penulis lupa namanya…) adalah dua nenek yang sangat ramah. Saat penulis hendak masuk ke angkot yang sudah penuh, mereka masih mempersilakan penulis untuk masuk. Mungkin mereka kasihan kali dengan penulis bila tak menemukan angkot lagi. Maklumnya jam telah menunjukkan pukul 11.00 malam.

“Masih cukup kok, sini na,” kata salah seorang nenek mempersilakan.

Meski harus menggeserkan diri lebih rapat, akhirnya tempat duduk untuk penulis pun ada.

“Dari mana nek,” tanya penulis kemudian.

“Dari salat terawih bareng anak dan cucuku. Ini mereka semua,” sahut nenek itu lagi.

“Hah, satu taksi (maksudnya angkot.red). banyak banget,” sahut penulis tak kalah kaget.

“Iya. Kita biasa kalau tiap Ramadan salat tarawihnya nggak hanya di satu masjid saja. Biar nggak bosan kita sekeluarga suka pindah-pindah,” katanya lagi.

Nenek itu melanjutkan lagi, “Kira-kira sejak kita remaja ya kita sudah keliling dari masjid ke masjid se-Balikpapan.” Sambil mengatakan hal ini, nenek itu memandang nenek yang duduk di sebelahnya. Jadi, nenek berdua ini sobat karib sejak mereka  masih muda.

“Saya juga mulai ikut aktifitas nenek keliling tarawih dari masjid ke masjid sejak anak saya yang pertama lahir. Ya, asyik aja,” katanya sambil menepuk pundak anak-anaknya dan memperkenalkan satu per satu ke penulis.

“Salat terawihnya berapa rakaat. 11 atau 23 rakaat?” tanya penulis penasaran.

“Kebanyakan 23 rakaat. Kalau 11 rakaat itu masjid-masjid tertentu saja,” ujarnya sumringah.

Ketika penulis memperkenalkan diri kalau tinggal di Tarakan, salah seorang nenek langsung antusias. “Aku dulu tinggal di Sebengkok. Tapi nggak lama. Tahun berapa ya. Pasar Beringin masih adakah?” tanyanya balik.

“Masih ada, Nek.” Sahut penulis singkat.

Ah, angkot sudah menuju ke gang tempat penulis tinggal. Saatnya berpisah. Nenek itu sempat mempersilakan penulis mampir ke rumahnya di sekitar Karang Anyar Balikpapan. Tepatnya dimana, penulis tak hapal lagi lokasinya, karena sudah terlalu lama meninggalkan Balikpapan.

Nenek-nenek saja, rajin salat terawih. Masa kita yang muda kalah? Keliling dari satu masjid ke masjid se-Kota Balikpapan. Jangan-jangan kalau sejak muda dia rutin keliling, berarti seluruh masjid di Balikpapan sudah dia kunjungi. Benar-benar tak perlu lagi keluar daerah atau keluar negeri untuk plesir. Pokoknya tak perlu keliling dunia-lah. Cukup di Balikpapan saja naik angkot rame-rame bareng keluarga. Yang pasti murah meriah. (*)

Banyak lagi cerita seru waktu liburan di Balikpapan. Tapi kapan-kapan deh penulis postingkan lagi. Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.   


0 Responses to “Safari Religi Duo Nenek dari Masjid ke Masjid”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Oktober 2008
S S R K J S M
« Agu   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

JUMLAH PENGUNJUNG HINGGA SAAT INI

  • 41,647 hits

%d blogger menyukai ini: